Senin, 09 Januari 2017

MANFAAT OUTBOUND

outbound adalah,manfaat outbound anak,manfaat outbound   anak,manfaat outbound anak,manfaat outbound bagi anak,manfaat   outbound bagi anak,manfaat outbound bagi anak


Outbound atau Outward Bound sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Outbond merupakan suatu  metode pelatihan, pembelajaran bahkan di gunakan sebagai metode terapi dimana alam sebagai medianya. Bagi kita masyarakat yang memiliki rutinitas yang padat pastilah mengalami yang namanya  kejenuhan, ada baiknya jika kita melakukan outbond untuk menghilangkan kejenuhan yang kita alami dan membuat kita lebih  fresh saat kembali ke rutinitas awal.

Seperti yang diungkapkan di atas, selain digunakan untuk metode pelatihan dan pembelajaran outbond juga digunakan untuk upaya terapi, salah satu contohnya adalah terapi kejiwaan. Dimana kegiatan tersebut dilakukan di alam bebas yang didalamnya di tambahkan permainan atau olah raga yang bersifat menantang. Selain bersifat  menantang, outbond juga membutuhkan semangat juang dan pemikiran yang tidak sedikit namun tetap terasa menyenangkan.

Saat ini outbond telah banyak digunakan, baik oleh instansi, sekolah, bahkan perusahaan-perusahaan yang berskala besar, hal ini disebabkan  karena metode outbond mempunyai  berbagai manfaat. Menurut As’adi Muhammad (Adrianus dan Yufiarti, 2006: 42), pelatihan outbond menganut prinsip learning by doingtrial and refinement (belajar sambil mengulang-ulang dan berusaha untuk memperbaiki) serta lifelong learning (belajar sambil melakukan sesuatu), (belajar sepanjang hayat). Selain itu menurut Ardianus dan Yufiarti dalam As’adi Muhammad (2006: 44) mengatakan bahwa ”outbound sebagai permainan kecerdasan.”  Sehingga terdapat  berbagai manfaat dalam proses belajar mengajar dengan kegiatan outbond.  Contohnya outbond sebagai sarana untuk melatih dalam mengembangkan fungsi mata, telinga, dan latihan otot.

Outbond selain memiliki manfaat untuk segi fisik juga dapat memberikan manfaat untuk psikis seperti meningkatkan rasa percaya diri pada anak. Menurut  Adrianus dan Yufiarti metode outbond merupakan metode yang efektif karena memanfaatkan seluruh potensi dalam diri siswa melalui berbagai aktivitas permainan. Dengan demikian kegiatan outbond ini tidak hanya mengembangkan kemampuan kognitif siswa, tetapi juga melibatkan ranah afektif dan konasi (psikomotor) (2006: 42). Aktifitas outbond yang dilakukan juga dapat menjaga otak agar terus bergerak dalam melaksanakan kegiatan. Adrianus dan Yufiarti dalam As’adi Muhammad (2006: 44) mengatakan bahwa ”selain itu outbound terdapat, unsur-unsur pengembangan kreativitas, komunikasi, mendengarkan efektif, kerjasama, motivasi diri, kompetisi, problem solving dan percaya diri.”

MAKSUD DAN TUJUAN OUTBOUND

Maksud dari diadakannya pelatihan outbond yakni untuk  lebih mengenal sifat baik dari masing-masing pribadi untuk mengenal dirinya sendiri sehingga ia dapat lebih peka terhadap lingkungan ditempat ia berada. Dengan berada di alam bebas di harapkan para peserta kegiatan outbond dapat meluapkan ketegangannya yang diakibatkan oleh rutinitas atau aktivitas sehari-hari sehingga setelah melakukan kegiatan outbond diharapkan peserta dapat lebih segar ketika kembali dalam rutinitas sehari-harinya.

Tujuan dari diadakannya pelatihan outbond yakni :
  • Untuk mengerti bagaimana menjadi anggota kelompok
  • Mengetahui atau menggali pemahaman terkait diri sendiri
  • Memahami nilai-nilai dalam melakukan interkasi dengan orang lain
  • Meningkatkan kemampuan dalam membina hubungan baik dengan orang lain
  • Meningkatkan motivasi dan keyakinan atas kemampuan yang dimiliki dan juga mampu berpikir secara kreatif
  • Meningkatkan rasa saling percaya dan kebersamaan
  • Penyegaran dan sarana rekreasional.

Untuk konsultasi Training Motivasi Malang, Outbound Malang, Batu alam Rafting, Kaliwatu Rafting, Wisata Malang, Travel dan Hotel di Malang Jatim yang sesuai dengan kebutuhan tim anda, Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut :
JAKARTA
Jl. Rawamangun Muka Raya No. 5 RT. 4 RW. 14 Rawamangun – Jakarta Timur 13220
Mobile: 085 311 091 054 / 081 334 664 876
SURABAYA
Jl. Purwodadi 2 No. 54B Surabaya
Mobile: 087 836 152 078 / 085 755 059 965
MALANG
Perum Taman Landungsari Indah N1 Malang
Mobile : 082 231 080 521 / 0858 1219 5551
No. Telp : 0341 5032699
Pin BB : 5E0C2C45
Email :
indonesiasukses@yahoo.com
indonesia.tips@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar